Desak Perhitungan Ulang Suara Palibelo, PMPD Demo KPU

Kabupaten Bima, Kahaba.- Puluhan warga Palibelo yang tergabung dalam Pemuda dan Masyarakat Pemerhati Demokrasi (PMPD) menggelar aksi demonstrasi di pertigaan jalan menuju Kantor KPU Kabupaten Bima, Jumat (3/5).

Demonstrasi di depan kantor KPU Kabupaten Bima. Foto: Yadien

Koordinator Lapangan (Korlap) Bambang mengatakan, ada dugaan kecurangan yang sistematis, terstruktur dan masif pada Pemilu di Kecamatan Palibelo. Pasalnya saat rekapitulasi tingakat kecamatan setempat, suara partai Nasdem sebanyak 473 hilang.

“Itu berdasarkan C1 yang kami pegang dan data dari Panwascam Palibelo,” ujarnya.

Selain itu kata dia, pada pleno rekapitulasi tingkat kecamatan setempat juga ada perselisihan suara sah dan tidak sah yang ada di DA1 dengan hasim rekap. Dihasil rekap tertera jumlah suara sah dan tidak sah sebanyak 2826, sementara di DA1 hanya 2353.

“Ada pengurangan sebanyak 73 suara di DA1,” katanya.

Karena itu, pihaknya mendesak Bawaslu Kabupaten Bima untuk mengeluarkan rekomendasi agar dilakukan perhitungan ulang untuk semua desa di Kecamatan Palibelo dengan cara buka peti.

“Kami sudah sampaikan itu kepada Bawaslu tadi, bersama bukti-bukti yang kami punya,” tuturnya.

Kemudian kata Bambang, dia juga meminta KPU Kabupaten Bima agar tidak melakukan pleno rekapitulasi suara Kecamatan Palibelo sampai rekomendasi perhitungan ulang suara dikeluarkan oleh Bawaslu Kabupaten Bima.

“Kami menuntut KPU dan Bawaslu bersikap netral, tegas dan profesional dalam menjalankan tugas sebagai penyelenggara pemilu,” tuntutnya.

*Kahaba-10

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *