Tingkatkan Pelayanan Publik, Ryan Ubah Wajah Sekretariat Dewan

Kota Bima, Kahaba.- Kehadiran Kabag Umum, Humas dan Protokoler Sekretariat Dewan (Setwan) DPRD Kota Bima yang baru Syahrial Nuryadin ternyata membawa dampak besar bagi kantor setempat. Sebelumnya, dinilai sejumlah awak media OPD tersebut sepi dari informasi agenda dewan dan pelayanan yang masih cukup standar.

Tamu yang datang di kantor DPRD Kota Bima diwajibkan untuk menyampaikan maksud dan kegiatan. Foto: Eric

Sekarang, perubahan di kantor itu bisa dilihat. Mulai diterapkan papan informasi, administrasi pelayanan terhadap tamu hingga disiplin pegawai pun diatur sebagaimana mestinya.

“Lembaga dewan merupakan lembaga terhormat. Ada 25 wakil rakyat yang setiap saat bekerja dengan segala dinamikanya. Maka sudah seharusnya kantor ini tersedia fasilitas untuk memberikan pelayanan prima,” ujar Ryan, saapaan akrabnya, kemarin.

Menurut dia, beberapa pembenahan yang dilakukan tersebut di antaranya diberlakukannya alur 1 pintu. Ini dilakukan, kaena selama pantauannya, kantor DPRR memiliki banyak pintu. Sehingga tamu bebas masuk ke ruangan setiap komisi. tanpa diketahui identitasnya.

“Melalui pelayanan 1 pintu, maka administrasinya bisa jelas diketahui. Apa yang menjadi keinginan tamu yang hadir, dan keperluannya apa. Jadi tidak masuk ke sembarang ruangan,” katanya.

Kabag Umum, Humas dan Protokoler Sekretariat Dewan (Setwan) DPRD Kota Bima yang baru Syahrial Nuryadin. Foto: Ist

Selain itu kata alumni Magister Manajemen Universitas Mataram (Unram) itu, pihaknya juga telah menyediakan papan informasi publik berupa baner  di ruang tunggu. Jadi bagi tamu yang memiliki kepentingan, dapat mengetahui alur dan proses pelayanannya.

Kemudian untuk pembenahan pegawai, beber pria kelahiran 1987 tersebut. Pihaknya telah menerapkan kebijakan dan disipilin, agar lebih maksimal dan bertugas sesuai fungsi masing-masing. Sehingga pelayanan publik lebih efektif.

“Perubahan ini dilakukan demi peningkatan pelayanan pada masyarakat, sehingga marwah lembaga legislatif terjaga,” tandasnya.

Ditambahkan pria kelahiran 12 Desember itu, beberapa pembenahan yang telah dilakukan itu tentu tidak dapat terwujud, tanpa dukungan semua pihak di lembaga itu. Artinya melalui kerjasama tim yang solid, cita-cita pelayanan publik lebih maksimal pasti terwujud.

*Kahaba-04  

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *